Sunnah-Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? (Edisi Revisi)

Rp70.000,00

Rp49.000,00

Availability: Stok Tersedia Pengiriman 24 Jam

  Lentera Hati

 Soft Cover

 Indonesia

Sama halnya dengan Persatuan,perbedaan adalah suatu keniscayaan! Islam sangat menoleransi aneka perbedaanyang ada di kalangan pemeluknya. Penghargaan Islam terhadap perbedaan lahirdari keyakinan bahwa perbedaan bukanlah penghalang bagi terciptanya persatuan.Perbedaan tidak identik dengan perselisihan. Perbedaan baru menjadi persoalanserius jika disertai dengan fanatisme buta. Fanatisme semacam inilah yang kerapmemicu terjadinya perpecahan.

 

Sunnah dan Syiah adalah dua aliran besar Islam yang lahir dari Islam yang satu. Sebagai dua saudara,masing-masing memiliki persamaan, juga perbedaan, dari mulai persoalan teologissampai persoalan yang bersifat furu’iyah (rincian ajaran). Perbedaankeduanya lebih sering kita dengar ketimbang persamaannya. Betulkah demikian,bahwa perbedaan antara Sunnah dan Syiah itu lebih besar daripada persamaannyasehingga mustahil untuk mendamaikannya?

 

Buku ini mengkaji secara kritiskonsep ajaran dan pemikiran antara Sunnah dan Syiah. Di dalamnya dikupaspersoalan-persoalan krusial seperti:

•RukunIman dan Islam kedua aliran, Sunnah dan Syiah.

•Imamah

•Sikapterhadap para sahabat Nabi saw.

•Raj‘ah, Badâ’, dan Taqîyah

•Perbedaandalam Furu’ (rincian ajaran)

 

Buku ini tidak dimaksudkan untukmengajak mereka yang bermazhab Sunnah menyeberang ke mazhab Syiah, atau dariSyiah ke Sunnah, atau melebur keduanya menjadi satu. Tetapi ia berisi pemaparanuntuk menguak kemungkinan-kemungkinan yang bisa ditempuh keduanya, Sunnah danSyiah, untuk bekerja sama dalam koridor persatuan, ISLAM. Mungkinkah?Jawabannya bisa Anda dapatkan setelah membaca buku ini!

 

 Dalam edisi revisi ini, M. Quraish Shihab menyertakanpengantar khusus yang sekaligus menjadi tanggapan tertulis atas terbitnya buku Mungkinkah Sunnah Syiah dalam Ukhuwah? TerbitanPustaka Sidogiri, 2007. Oleh tim penulisnya, para santri pesantren Sidogiri,buku tersebut disusun untuk menanggapi bukuSunnahSyiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? Karya M. Quraish Shihab. Dalampengantar khusus tersebut M. Quraish Shihab, antara lain menulis:

“Lembaran-lembaran berikutbukanlah sanggahan terhadap buku MungkinkahSunnah Syiah dalam Ukhuwah? Tetapi, ia lebih merupakan gambaran kekecewaansaya dan “tegur sapa” terhadap anak-anak muda, para santri yang menulis bukutersebut ………. Di antara hal yang paling mengecewakan saya dari buku tersebut,salah satunya adalah ketiadaan sanggahan baru terhadap apa yang tertuang dalambuku penulis (Sunnah Syiah BergandenganTangan! Mungkinkah?). Yang ada hanya pengulangan pendapat-pendapat lamayang telah usang, yang hidangannya bila dihidangkan pada masa kini sudah basiatau sangat membosankan, seakan-akan kita hidup pada masa lalu…… Alhasil, kitamasih harus terus belajar berdialog setelah kita memahami diri kita dan mitradialog kita sambil menyingkirkan buruk sangka antara kita. Semoga Allah selalumembimbing kita dan meluruskan kesalahan-kesalahan kita …”

 

Spesifikasi Buku:

Penulis             : M Quraish Shihab

Ukuran            : 15 x 23 cm

Halaman         : xliv + 304 hal

Cover               : AC 260

Kertas Isi         : Book Paper

Warna Cover   : FC

Warna Isi         : BW

Jenis CoverSoft Cover
BahasaIndonesia

Write your review

Sunnah-Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? (Edisi Revisi)

Sunnah-Syiah Bergandengan Tangan! Mungkinkah? (Edisi Revisi)

Write your review

Related Products